Rekomendasi Hasil Rembuk Nasional Pendidikan 2018

Rembuk Nasional Pendidikan dan Kebudayaan (RNPK) 2018 Mengusung tema “Menguatkan Pendidikan, Memajukan Kebudayaan”, RNPK digelar mulai 5 hingga 7 Februari 2018 mendatang. RNPK merupakan salah satu bukti komitmen pemerintah untuk terus berupaya menyinergitaskan langkah pemerintah pusat dan daerah serta komunitas pendidikan untuk bersama-sama membangun manusia Indonesia melalui komunikasi dua arah yang saling mendukung.

Pelaksanaan RNPK 2018 dibuka oleh Presiden Republik Indonesia, Joko Widodo didampingi oleh Menteri Koordinator Bidang Pembangunan Manusia dan Kebudayaan (Menko PMK), Puan Maharani, dan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan (Mendikbud) Muhadjir Effendy.

Kegiatan tersebut menghasilkan beberapa rekomendasi seperti:

KETERSEDIAAN, PENINGKATAN PROFESIONALISME, DAN PERLINDUNGAN SERTA PENGHARGAAN GURU

  1. Pemerintah Pusat dan Pemerintah Daerah perlu bekerja sama mempercepat terbitnya regulasi yang lebih teknis tentang Aparatur Sipil Negara (ASN) untuk memenuhi kebutuhan guru melalui pengangkatan guru baru atau redistribusi guru.
  2. Pemerintah Pusat dan Daerah perlu berkoordinasi dan harmonisasi dalam membuat regulasi tentang pembagian kewenangan dan pembiayaan dalam rangka peningkatan kualitas dan profesionalisme guru berdasarkan pemetaan dan analisis kebutuhan pelatihan guru baik guru PNS maupun bukan PNS.
  3. Pemerintah Daerah perlu membuat aturan hukum terkait perlindungan dan penghargaan guru, dan perlu adanya penganggaran oleh Pemerintah Pusat dan Daerah dalam pelaksanaannya sehingga dapat pula mengoptimalkan peran satuan pendidikan untuk menjamin keamanan serta kenyamanan guru dalam melaksanakan tugasnya.




Baca Juga
  1. Regulasi DAK Fisik untuk Kebudayaan
  2. PENGUATAN PENDIDIKAN KARAKTER: SEKOLAH SEBAGAI MODEL LINGKUNGAN KEBUDAYAAN


Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "Rekomendasi Hasil Rembuk Nasional Pendidikan 2018 "

Post a Comment

https://rawcdn.githack.com/julichansaputro/Agushery/c4e36c5e11918664c0f7321b6b38d0f906fe4308/agus hery.js https://raw.githack.com/julichansaputro/Agushery/master/agus hery.js